Burung Decu (Saxicola caprata)

DecuBurung decu (Saxicola caprata) merupakan salah satu jenis burung yang ada di dataran Sulawesi Tengah. Burung ini memiliki suara yang lumayan tinggi, merdu dan banyak variasinya. Decu memiliki rupa yang mirip dengan burung kacer, hanya saja ukuran burung ini lebih kecil jika dibanding dengan burung kacer. Karena itu, sebagian orang menyebutnya dengan sebutan kacer mini.

Burung yang termasuk dalam Famili Muscicapidae ini kurang lebih berukuran ±14 cm. Dengan ciri pada burung jantan memiliki warna hitam, dengan bercak bahu, tungir dan tungging putih. Sedangkan burung betina memiliki warna coklat keabu-abuan, dengan bercak-bahu putih dan tungir putih.

Habitat burung decu umumnya berada di padang rumput dan semak-semak di lembah-lembah hutan pamah dan dataran tinggi. Di habitat aslinya ini, decu termasuk ke dalam tipe burung pemakan serangga.

Burung decu termasuk dalam golongan satwa yang tidak dilindungi oleh undang-undang dan tidak termasuk dalam Appendix CITES (konvensi internasional yang betujuan untuk membantu pelestarian populasi di habitat alamnya melalui pengendalian perdagangan intenasional spesimen tumbuhan dan satwa liar). Sedangkan dari sisi status konservasi, IUCN Red List (daftar yang membahas status konservasi  berbagai jenis makhluk hidup seperti tumbuhan dan satwa yang dikeluarkan oleh International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources), satwa ini termasuk dalam kondisi risiko rendah/least consern.

Foto: en.wikipedia.org

Satu pemikiran pada “Burung Decu (Saxicola caprata)

  1. Kemarin saya coba melihara burung matenan ehh baru di pelihara balum ada seminggu udah mati… apesss 🙁 #SalamTheHeran #newBlogFromDeRie

Tinggalkan komentar